RAPAT EVALUASI DAN MONITORING PELAPORAN DATA PRODUKSI TANAMAN PANGAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI TERKAIT TANAMAN PANGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING WILAYAH BERBASIS KAWASAN / LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Kamis (30/06/2022) bertempat di Hotel Mercure Jl. Hayam Wuruk Jakarta Barat menggelar Rapat Evaluasi Dan Monitoring Pelaporan Data Produksi Tanaman Pangan Dalam Rangka Optimalisasi Terkait Tanaman Pangan Dalam Meningkatkan Daya Saing Wilayah Berbasis Kawasan  / Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Dinas Pertanian Kabupaten Lebak hadir diwakili oleh Kepala Bidang Produksi Pertanian, Denny Iskandar, STP, M.Si dan Sub Kordinator Penjamin Kemurnian Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian, Moch. Romli Setiawan, SP.

Dalam kesempatan tersebut, Ir. Bambang Pamuji, M.Si, Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memaparkan tentang urgensi pelaporan dan pengolahan data statistic, khususnya karena menjalankan amanah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Bahwa produsen data adalah unit pada instansi pusat dan instansi daerah yang menghasilkan data berdasarkan kewenangannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan. Dan bahwa kementerian pertanian sudah menyiapkan aplikasi guna lebih memperlancar dan mempercepat pelaporan data statistic pertanian khususnya data tanaman pangan.

Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Batara Siagian menjelaskan tentang aplikasi yang disiapkan oleh Kementerian Pertanian yang tersedia di portal sitampan.pertanian.go.id. aplikasi tersebut sangat berguna untuk membuat kebijakan ekspor impor dan ketahanan pangan.

Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Kementerian Dalam Negeri Dr. Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, M.Si menyampaikan bahwa Kementerian Dalam Negeri sebagai poros pemerintahan mempunyai peran strategis dalam memastikan ketahanan pangan. Permasalahan yang krusial adalah tidak terkendalinya alih fungsi lahan pertanian menjadi non pertanian. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen bersama seluruh kepala daerah. (DEI)

author
No Response

Leave a reply "RAPAT EVALUASI DAN MONITORING PELAPORAN DATA PRODUKSI TANAMAN PANGAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI TERKAIT TANAMAN PANGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING WILAYAH BERBASIS KAWASAN / LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN"