KTNA LEBAK IKUT SERTA DALAM AJANG PENAS PETANI NELAYAN XVI TAHUN 2023 DI PADANG

PEKAN Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan. Pada kegiatan tersebut, berbagai petani dan nelayan dari seluruh daerah di Indonesia berkumpul dan saling memamerkan hasil pencapaiannya.

Penas KTNA XVI tahun 2023 berlangsung di Kota Padang tanggal 10 hingga 15 Juni. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lebak ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kontingen KTNA  Kabupaten Lebak resmi dilepas oleh Bupati Lebak di Aula Tajur Pada Kamis malam (8/6). Ketua KTNA Lebak, Ferdi Saepulloh, mengatakan bahwa terdapat 84 peserta yang akan mengikuti Penas KTNA di Kota Padang.

Ferdi memaparkan, sebagai organisasi independen yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur yang berbasis agribisnis, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lebak senantiasa membantu Pemkab Lebak dalam memastikan ketersediaan pangan yang ada di Kabupaten Lebak.

Dalam kesempatan pelepasan Kontingen Penas KTNA XVI Kabupaten Lebak tersebut, Bupati Lebak berpesan kepada seluruh peserta untuk memperluas jejaring dengan petani, peternak dan nelayan dari seluruh Indonesia.

 

“Ikuti seluruh rangkaian kegiatan Penas XVI di Kota Padang sebaik-baiknya dengan membawa bakat dan kemampuan terbaik dari masing-masing kita membawa nama baik Kabupaten Lebak, nama baik Provinsi Banten demi kejayaan di tingkat Nasional, serta jaga kesehatan selama mengikuti Penas,” singkatnya.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menghadiri pembukaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang, Sabtu 10 Juni 2023.

Penas XVI Tahun 2023 ini resmi dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Iti, acara tersebut bisa sebagai wadah bagi pemerintah daerah serta petani dan nelayan Kabupaten Lebak untuk bertukar informasi, pengalaman dan menjalin kemitraan antar-petani dan nelayan seluruh Indonesia juga pihak swasta yang diharapkan membawa kebermanfaatan bagi pembangunan Kabupaten Lebak.

“Semoga dengan kehadiran kontingen dari Kabupaten Lebak dalam PENAS Petani Nelayan ini dapat membawa kebermanfaatan untuk kemajuan di
Kabupaten Lebak khususnya pembangunan pertanian dan perikanan,” kata Iti.

Bupati Lebak mengingatkan, agar peserta PENAS Petani Nelayan XVI benar-benar memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Sekaligus sebagai forum silaturahmi untuk memperluas jejaring kemitraan bersama para pelaku agribisnis di tanah air.

“Pemerintah daerah terus mengoptimalkan kualitas SDM petani dan nelayan agar lebih berdaya saing,” kataya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Rahmat menambahkan, pentingnya kerja sama antara pemerintah, petani, dan nelayan dalam mendorong pertumbuhan ketahanan pangan.

“Tentunya, dalam menghadapi tantangan global, kita perlu bersatu dan berkolaborasi untuk meningkatkan daya saing sektor pertanian dan perikanan kita. Saya yakin bahwa dengan memperkuat kerja sama, berbagi pengetahuan, dan menerapkan teknologi yang tepat, kita dapat mencapai tujuan untuk membangun pertanian dan perikanan yang berkelanjutan di Kabupaten Lebak,” kata mantan Cibadak ini.

Kegiatan Penas berlangsung 10-15 Juni 2023 tersebut diisi dengan kegiatan para petani dan nelayan, seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestry, Expo Peternakan, temu teknologi, temu agribisnis dan beberapa kegiatan lainnya.

Pada Perhelatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Andalan XVI di Padang Sumatera Barat, Kontingen Kabupaten Lebak yang mewakili Provinsi Banten berhasil meraih Juara II pada Lomba Unjuk Tangkas, yang diwakili oleh Hendi, Azis, Abdul Azis, Rohmat, Ika dan Mumu, pada Selasa (13/06) di venue PENAS XVI Sumatera Barat.
Dalam kegiatan Unjuk Tangkas yang digelar di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat ini setiap provinsi yang ikut serta pada kegiatan ini saling berlomba menampilkan kemampuan dan inovasi pertanian yang dimiliki.
Unjuk Tangkas yang dikompetisikan diantaranya Geotaging Lokasi, Tebak jenis Kopi, Tebak Jenis Kayu, Aquakultur dan sambung pucuk tanaman perkebunan.
Berikut hasil lengkap lomba uji tangkas Penas XVI Juara I diraih tim dari Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat hadiah Rp. 50 juta, Juara II Banten mendapat hadiah Rp. 40 juta (diwakili tim Lebak), Juara III DI Yogyakarta mendapat hadiah Rp. 30 juta,
Juara Harapan I Riau (diwakili Inhil dan Dumai) mendapat hadiah Rp16 juta,
Juara Harapan II Jawa Tengah (Jateng) mendapat hadiah Rp12 juta dan
Juara Harapan III Jakarta Barat (Jakbar) mendapat hadiah Rp8 juta. (DEI)

author
No Response

Leave a reply "KTNA LEBAK IKUT SERTA DALAM AJANG PENAS PETANI NELAYAN XVI TAHUN 2023 DI PADANG"