RAPAT KOORDINASI DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN DENGAN KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (KNTA) KABUPATEN LEBAK

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, SP, M.Si pada Kamis (04/06/2020) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para pengurus KTNA Kabupaten Lebak. Di Aula Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua KTNA Kabupaten Lebak, Ferdi Saepullah dan pengurus KTNA lainnya, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Iman Nurzaman Fasa, SP, MA, Kepala Bidang Perkebunan, Rully Yanrilla, S.Hut, MM, Kepala Bidang Penyuluhan Pasca Panen dan Pemasaran, Denny Iskandar, STP, M.Si.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mempererat persaudaraan Antara dinas dengan KTNA sehubungan suasana Idul Fitri 1441 H, meningkatkan koordinasi dan kerjasama Antara dinas dengan KTNA dalam mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Lebak, dan ekspose program dan kegiatan dinas tahun 2020 untuk mendapatkan pendampingan dari KTNA di masing – masing kecamatan.

Ferdi Saepulah menyatakan, para pengurus dan anggota KTNA selalu berkomitmen untuk memajukan organisasi KTNA sesuai AD/ART KTNA. “Peran KTNA Antara lain pertama memberdayakan petani – nelayan, kedua membangun kemandirian kelembagaan tani – nelayan. Ketiga meningkatkan kemampuan kewirausahaan tani nelayan dan keempat adalah mengembangkan potensi ekonomi desa melalui pengembangan sumberdaya pertanian” ungkap Ferdi.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, SP, M.Si dalam sambutanya menyatakan komitmennya untuk memdukung mengoptimalkan peran KTNA dalam pendampingan kegiatan yang ada di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten  Lebak agar kegiatan yang telah dilaksanakan bisa berkelanjutan dan outcome kegiatan tersebut memberi dampak kepada masyarakat.

“KTNA juga harus ikut berperan dalam mendukung Visi Bupati Lebak untuk menjadikan Lebak Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal. Banyak hal yang bisa dilakuakn oleh KTNA misalnya dalam pendirian warung tani atau pusat oleh – oleh khas Lebak, meningkatkan kualitas produk pertanian Lebak, termasuk pengembangan produk – produk khas dan unik Kabupaten Lebak” paparnya.

Acara dilanjutkan dengan ekspose dari masing – masing kepala bidang di Dinas Pertanian dan Perkebunan. Kepala Bidang Penyuluhan, Pasca Panen dan Pemasaran, Denny Iskandar, STP, M.Si menyampaikan materi tentang Optimalisasi Peran KTNA dalam Pembangunan Pertanian di Kabupaten Lebak. Denny Iskandar mengingatkan kembali beberapa peran KTNA yang harus dijalankan dan ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Peran tersebut Antara lain : (1) Penyuluh swakarsa, (2) Pengurus koperasi, (3) Pengelola P4S, (4) Mitra kerja pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah, (5) Mitra Usaha swasta maupun BUMN, (6) Pelindung dan pembela petani-nelayan, (7) Dan sebagai Negisiator.

Setelah paparan dilaksanakan dilanjutkan dengan diskusi dan makan siang bersama. (DEI)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "RAPAT KOORDINASI DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN DENGAN KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (KNTA) KABUPATEN LEBAK"