Pasar Tani CFD Fasilitasi Poktan Jual Hasil Tani

Tidak ada komentar 527 views

LEBAK – Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak menggelar Pasar Tani di area Car Free Day, Alun-alun Rangkasbitung, tiap pekan. Pasar tani tersebut menjual aneka hasil pertanian dari petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) se-Kabupaten Lebak. Bekerja sama dengan Asosiasi Pasar Tani Kab. Lebak, pasar tani tersebut disambut antusias warga.

Kepala Seksi Pascapanen dan Pemasaran  Budiyati Harpiani menyampaikan bahwa kegiatan pasar tani tersebut bagian dari upaya membantu petani memasarkan produk sekaligus memberikan kesempatan kepada warga yang jalan-jalan atau berolah raga ke Alun-alun sekaligus berbelanja. Harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga pasaran.

“Warga terbantu untuk belanja sayur dan buah-buahan, petani Alhamdulillah bisa memasarkan produknya. Jadi keuntungan bagi petani juga warga,” ujarnya.

Selama pasar tani digelar di CFD, produk yang dijajakan selalu habis. Antara lain: beras khas lebak merk ciberang, beras merah, gula aren, gula semut, keripik singkong, sayuran daun seperti caisim,  kangkung, berbagai jenis lalaban,  sayuran buah (cabe keriting, tomat, pare, timun, rawit, dll); juga aneka buah (pisang, pepaya, mangga, rambutan, manggis, duku, dll).

“Karena harganya lebih miring, warga banyak yang membeli. Semoga ke depan pasar tani ini lebih besar dan keterlibatan kelompok yang menjual pun semakin banyak. Jadi meriah. Aneka olahan KWT juga ada, seperti emping dan telor asin. Beras, jambu batu juga selalu tersedia,” tutur Budiyati.

Ketua Aspartan Lebak M. Arsyad juga turut menyampaikan bahwa, aktivitas mingguan dari pukul 06 hingga 09.30 pagi ini cukup membuat pihaknya bangga. Karena, produk petani laku di pasaran lokal dan kualitasnya mantap. “Ini berkat pembinaan semua pihak, khususnya Dinas Pertanian dan Perkebunan” ucapnya.

Ia berharap, promosi pasar tani semakin diperluas serta produk yang dipasarkan semakin lengkap, sehingga warga yang berkunjung pun akan semakin banyak. Ujung-ujungnya petani untung. “Insya Alloh kami akan libatkan lebih banyak petani. Mohon dukungannya,” tutupnya.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pasar Tani CFD Fasilitasi Poktan Jual Hasil Tani"