DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN LEBAK MENYELENGGARAKAN TEMU USAHA HASIL KOMODITAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

 Dalam rangka menanggulangi kesulitan petani dalam memasarkan hasil komoditas pertanian dan perkebunan yang dikembangkannya, serta dalam rangka mendukung kegiatan pemasaran pada Program Upaya Khusus (UPSUS) Pengembangan Jagung dan Kedele, Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Lebak menyelenggarakan Temu Usaha Hasil Komoditas Pertanian Dan Perkebunan. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 31 Oktober 2017 di Hotel Kharisma Jujuluk Kota Rangkasbitung.

Gambar : Pertemuan Temu Usaha Komoditas pertanian dan Perkebunan

 

Pembicara yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah para pengusaha di bidang pertanian tanaman pangan dan perkebunan yang sudah melakukan usahanya selama

bertahun-tahun baik di sekitar wilayah Kabupaten Lebak, wilayah Provinsi Banten bahkan nasional. Mereka diantaranya adalah PT. Agro Serang Berkah – Serang Banten, dan Pengusaha Pabrik Tahu “Abdul Haris” Rangkasbitung, yang bergerak di bidang usaha tanaman pangan (jagung dan kedele). Kemudian UD. Rahayu Kabupaten Pandeglang, PD. Berdjoeang Rangkasbitung Kabupaten Lebak dan Ketua Asosiansi Aren Kabupaten Lebak, yang bergerak di bidang usaha perkebunan. Para pengusaha ini dihadirkan dengan tujuan sebagai sumber informasi kebutuhan pasar sehingga para petani senantiasa melakukan usaha taninya mengacu kepada kebutuhan pasar.

Kegiatan Temu Usaha Hasil Komoditas Pertanian Dan Perkebunan dijadikan sebagai sarana mediasi dan sharing antara petani dengan pelaku pasar, sehingga diharapkan para petani dapat termotivasi untuk selalu berusaha tani dengan selalu berorientasi bisnis/ usaha. Selain itu diharapkan terjadi inisiasi, dan penguatan kemitraan di bidang pertanian komoditas tanaman pangan (khususnya jagung dan kedelai) serta komoditas perkebunan dengan pihak pelaku pasar/ penguasaha.

Peserta yang hadir pada kegiatan Temu Usaha Hasil Komoditas Pertanian Dan Perkebunan adalah para petani komoditas tanaman pangan khususnya para petani yang memperoleh program pengembangan jagung dan kedele pada tahun 2017 serta para petani komoditas perkebunan. Selain itu hadir pula sebagai peserta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian dan Perkebunan se-Kabupaten Lebak sebagai petugas perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak di tingkat kecamatan.

Dengan adanya acara Temu Usaha Hasil Komoditas Pertanian dan Perkebunan ini diharapkan para petani dapat terbuka wawasan usahanya serta berusaha menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha pertanian dan perkebunan yang hadir selaku narasumber, sehingga kegiatan temu usaha ini dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh kedua belah pihak, baik petani maupun pelaku usaha.

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN LEBAK MENYELENGGARAKAN TEMU USAHA HASIL KOMODITAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN"