TRAINING OF TRAINER “PERAN SDM UNGGUL DALAM MENUNJANG SISTEM AGRIBISNIS MODERN YANG BERDAYA SAING EKSPOR”

SDM unggul menjadi kunci dalam menyukseskan program pertanian. Karena itu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia mendorong agar pendidik dan penyuluh pertanian menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Mewujudkan hal itu, diselenggarakanlah Training of Trainer (ToT) bagi widyaiswara, dosen, guru, dan penyuluh pertanian.

Para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Lebak turut mengikuti kegiatan tersebut dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dimasing – masing kecamatan.

Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH (SYL) membuka Training of Trainer (ToT) secara virtual maupun langsung dari BBPP Batu, Jawa Timur. ToT yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20 Oktober 2021 ini mengambil tema “Peran SDM Unggul dalam Menunjang Sistem Agribisnis Modern yang Berdaya Saing Ekspor”.

Dalam kesempatan ini, Menteri SYL menyampaikan bahwa bangsa Indonesia membutuhkan dosen, widyaiswara, guru, dan penyuluh. “Kementerian Pertanian tidak akan berdaya tanpa kalian”, ucap SYL di depan para peserta ToT. “Menggapai kemajuan pertanian perlu terobosan dan kemauan, maka para widyaiswara, para guru, dan pejabat-pejabat haruslah memiliki sifat Leadership Smart di bidang pertanian. Leadership yang baik itu adalah motivator, leadership yang baik menunjukkan ke masa depan, dan leadership yang baik yang bahkan orang tidak tahu mau kemana dia sudah sampai kepada tujuannya. Itu harus ada di guru dan dosen. Kuncinya ada di learning, harus belajar.”

Sesuai dengan tema yang diangkat, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Dalam agribisnis pertanian pengembangan kreativitas, jiwa kewirausahaan, dan inovasi merupakan hal penting untuk menciptakan industri kreatif di era digital. SDM unggulan merupakan individu yang bisa melakukan pengembangan enterpreunership dan inovasi dalam kegiatan agribisnis. Sistem agribisnis modern akan berhasil jika ditunjang oleh SDM unggulan yang kompeten dan berkarakter.

Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Dr. Ir. Netti Tinaprilla, MM. (IPB), A.A. Gede Agung Wedhatama (P4S PMK BOS), dan Willy Sugiono (PT. Great Giant Pineapple). Masing-masing narasumber memaparkan materinya dan dapat peserta virtual unduh di laman http://elearningpuslatan.com/ yang sebelumnya sudah teregistrasi.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "TRAINING OF TRAINER “PERAN SDM UNGGUL DALAM MENUNJANG SISTEM AGRIBISNIS MODERN YANG BERDAYA SAING EKSPOR”"