PELATIHAN MANAJEMEN AGRIBISNIS BAGI NON APARATUR DI KAWASAN FOOD ESTATE KABUPATEN LEBAK

Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan (PPMKP) Ciawi Bogor bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak menggelar Pelatihan Manajemen Agribisnis Bagi Non Aparatur di Kawasan Food Estate Kabupaten Lebak pada 13 s.d. 15 Oktober 2021 bertempat di BPP Malingping.

Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor Ir. Yusral Tahir, M.Agr membuka Pelatihan Manajemen Agribisnis Bagi Non Aparatur di Kawasan Food Estate pada Rabu (13/10/2021). Kepala PPKMP pada saat pembukaan di dampingi oleh Subkoordinator Pelatihan Fungsional Non Rumpun Ilmu Hayat Dan Multimedia Pertanian Susan Twisawati Indiani, SE, MM dan Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Kabupaten Lebak Denny Iskandar STP MSi dan Koordinator Wilayah Malingping Ira Heryani, ST

Hadir juga Kasi Peningkatan Kapasitas Penyuluh Yeri Setiadi, STP, dan Kasi Kelembagaan dan BUMP Devi E. Nurulhuda, SP, MM Peserta pelatihan berasal dari 2 kecamatan Malingping dan Wanasalam sebanyak 30 orang.

Yusral Tahir dalam sambutannya menyampaikan motto “Bertani itu keren. Bertani itu hebat” yang merupakan motto dari Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo.

Yusral Tahir juga menyampaikan tentang food estaten. Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. maka agar dapat bersaing dengan daerah lain maka Kepala PPMKP menyarankan agar setiap Daerah memiliki 1 produk unggulan. bahkan jika produk tersebut berasal dari beberapa daerah cukup memiliki satu nama yang ikonik. Yusral mencontohkan produk unggulan dari Thailand, bahwa semua produk dari thailand dikenal sebagai Bangkok.

peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 30 Orang Petani, yang berasal dari Petani Milenial dan KWT dari Kec. Malingping dan Kec. Wanasalam.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PELATIHAN MANAJEMEN AGRIBISNIS BAGI NON APARATUR DI KAWASAN FOOD ESTATE KABUPATEN LEBAK"