MENGGALI POTENSI DESA SUKARESMI KECAMATAN SOBANG

Tidak ada komentar 48 views

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, SP, M.Si didampingi Kepala Bidang Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian, H. Nana Mulyana, STP, MA dan Kepala Bidang penyuluhan Pertanian, Denny Iskandar, STP, MSi mengikuti Kegiatan “Menggali Potensi Desa” dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 di Kp. Seklok Desa Sukaresmi Kecamatan Sobang pada Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan “Menggali Potensi Desa” tersebut merupakan inisiatif Para pemuda Kp.Seklok bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung Melalui Program SMK Membangun Desa dan Sekolah Peradaban Cilegon yang keduanya mempunyai visi Pemberdayaan Masyarakat, untuk menggali potensi desa Sukaresmi khususnya potensi Wisata dan kelestarian budaya dan lingkungan. Oleh Karena itu tema yang dipilih adalah Peduli Untuk Lestari.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan PDTT Kemendes, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak, dan Kepala Bidang Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebak. Turut hadir Pula Charis Chadaffi selaku Kepala Sekolah Muhamadiyah 1 Rangkasbitung, Wandi selaku Tenaga Ahli Tekhnologi Tepat Guna Kemendes Provinsi Banten, Beben Somantri Selaku Kepala Sekolah Peradaban Cilegon dan Juga Sekjen IKA Untirta, Camat Kecamatan Sobang, Kapolsek Sobang, Danramil Sobang, Kepala Desa Sukaresmi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Media Realbanten, Koperasi Banten Bangun Desa, Pergerakan Mahasiswa Sobang, (PMS), dan Instansi/Lembaga Lainnya.

”Menggali Potensi Desa” yang diharapkan dapat menjadi pintu gerbang peningkatan kemauan, kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pelestarian lingkungan, pengembangan potensi lokal serta semangat gotong royong yang dapat membawa masyarakat kearah kemajuan.

Kegiatan yang dilaksanakan melingkupi acara Diskusi Interaktif tentang Potensi lokal yang layak dikembangkan seperti Potensi Destinasi Desa Wisata, memperkenalkan Produk Olahan Gula Aren, Penanaman tanaman kopi dan ngabedolkeun kubang (panen ikan) sebagai simbol pelestarian lingkungan.

Tema kegiatan yang diusung adalah “Peduli Untuk Lestari”. Kegiatan tersebut ditujukan bagi masyarakat Desa Sukaresmi, Kecamatan Sobang dengan menghadirkan berbagai stakeholder baik pemerintah pusat dan daerah melalui
Kementerian dan Dinas terkait, akademisi serta lembaga sosial pendukung lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, SP, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa Desa Sukaresmi adalah salah satu sentra Gula Aren dan Kopi di Kabupaten Lebak. Dan dinas pertanian kabupaten Lebak telah pula turut mengembangkan gula aren dan kopi di Desa Sukaresmi diantaranya melalui bantuan bibit aren dan bibit kopi serta penyediaan sarana irigasi. Kedepan, Dinas Pertanian Kabupaten Lebak akan terus meningkatkan pembinaannya khususnya dalam mewujudkan Desa Wisata di Kecamatan Sobang. Potensi wisata yang besar di Desa Sukaresmi jika ditata dengan baik akan bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lebak.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak memberikan bantuan benih sayuran yang diterima oleh Kepala Desa Sukaresmi dan Direktur Bumdes Desa Sukaresmi.

Dokumentasi kegiatan “Menggali Potensi Desa” yang diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak secara lengkap dapat dilihat pada link youtube https://www.youtube.com/watch?v=aHKzZsJpieQ (DEI)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "MENGGALI POTENSI DESA SUKARESMI KECAMATAN SOBANG"