PERCEPAT ADAPTASI TUPOKSI PENYULUH PERTANIAN, CPNS PENYULUH PERTANIAN KABUPATEN LEBAK IKUTI PELATIHAN ORIENTASI SECARA VIRTUAL


Sebanyak 24 Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Penyuluh Pertanian di Kabupaten Lebak mengikuti Pelatihan Orientasi secara virtual melalui platform zoom meeting yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Lebak. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kamis (04/03/2021). Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, SP, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai dengan visi kabupaten lebak “lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal” dimana sektor pariwisata menjadi gerbong lokomotif pembangunan kabupaten lebak. Oleh karena itu seluruh masyarakat lebak harus satu tarikan nafas mendukung visi ini demi kesejahteraan masyarakat lebak khususnya, Kepala Dinas mendorong dan mengarahkan agar para petugas penyuluh dapat menjadi duta wisata, baik mempromosikan destinasi wisata yang sudah ada maupun merintis destinasi wisata baru. ”kami sudah mendorong seluruh petugas agar menjadi duta promosi wisata melalui media sosial masing – masing.” kata Rahmat Yuniar”

“Dengan adanya tambahan 24 PPL CPNS, maka total PPL di kabupaten lebak saat ini berjumlah 158 PPL, terdiri dari PPL PNS 49, PPL CPNS 24, PPL PPPK 51 dan PPL TKK kabupaten 34 orang.” pungkasnya

Bupati berharap dengan adanya tambahan tenaga penyuluh ini pembangunan pertanian di Kabupaten Lebak akan semakin meningkat produksi dan produktivitas pangan strategis serta ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Lebak.

Bupati juga menjelaskan sebagaimana diketahui bersama, sektor pertanian merupakan sektor terpenting dalam perekonomian Kabupaten Lebak, dalam rangka meningkatkan produksi pertanian harus banyak yang dibenahi dan salah satu hal pentingnya adalah sumber daya manusia.

“Oleh karena itu saya sangat berharap agar para CPNS penyuluh pertanian dapat berdedikasi tinggi dan menunjukkan kinerja yang baik dalam mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Lebak” Ungkap Bupati.

Sementara itu, Leli Nuryati Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhutan) Kementerian Pertanian RI menyampaikan beberapa peran penyuluh pertanian diantaranya, pengawalan dan pendampingan petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas prioritas, mengupayakan akses petani kesumber informasi, teknologi dan sumber daya lainnya dalam pengembangan usaha petani, serta membantu menganalisis dan memecahkan masalah dan merespon peluang juga tantangan yang dihadapi petani dalam mengelola usaha.

“Peningkatan produktivitas, kualitas, dan jaminan kontinuitas produk pertanian merupakan kunci keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan pertanian, untuk itu diperlukan penyuluh yang profesional, berdaya saing, dan berjiwa wirausaha tinggi” Ucap Leli. Leli juga menjelaskan beberapa kunci keberhasilan penyuluh Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu, kemauan dan kemampuan penyuluh untuk menjalin hubungan secara langsung maupun tak langsung dengan masyarakat sasarannya, kemauan dan kemampuan penyuluh untuk menjadi perantara antara sumber-sumber inovasi dengan pemerintah dan masyarakat.(DEI)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PERCEPAT ADAPTASI TUPOKSI PENYULUH PERTANIAN, CPNS PENYULUH PERTANIAN KABUPATEN LEBAK IKUTI PELATIHAN ORIENTASI SECARA VIRTUAL"