KABUPATEN LEBAK MERAIH JUARA UMUM PEKAN DAERAH KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (PEDA KTNA) KE 6 PROVINSI BANTEN TAHUN 2019

Pemerintah Daerah Provinsi Banten berusaha meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian dengan mengadakan kegiatan Pekan Daerah (Peda) VI Petani Nelayan Andalan yang dilaksanakan di Lapangan Boru Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, Kota Serang-Provinsi Banten. Peda yang dilaksanakan dari  7 – 11 Oktober 2019 itu, pesertanya mencapai  600 orang dari Kabupaten/kota se Banten. Peda dibuka oleh Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim pada 7 Oktober 2019.

Pemda Kabupaten Lebak mengirimkan 90 peserta yang terdiri dari 80 peserta utama dan 10 pendamping untuk ikut serta dalam perhelatan PEDA KTNA IV Provinsi Banten Tahun 2019 tersebut. Kontingen PEDA KTNA Kabupaten Lebak dilepas oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, S.ST pada Minggu (6/10/2019) di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak. Dalam Sambutannya, Dede Supriatna, berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh kegiatan yang dilaksanakan selama PEDA dan selalu menjaga nama baik Kabupaten Lebak.

Selama PEDA KTNA berlangsung, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Pameran Pembangunan Pertanian, Temu Wicara, Gelar dan Temu teknologi, temu karya, pengembangan jaringan informaasi agribisnis, studi banding, widyawisata, outbond kesadaran lingkungan, unjuk tangkas, asah terampil, lomba – lomba menarik, karya forestry, temu forum P4S, temu forum IKAMAJA dan beberapa kegiatan menarik lainnya seperti 4.200 gelas Kopi WH yang merupakan kopi asli dari Provinsi Banten.

Kontingen KTNA Kabupaten Lebak tinggal di pemondokan atau Homestay di rumah warga Kampung Salila Kecamatan Curug Kota Serang. Penerimaan warga masyarakat khususnya warga yang rumahnya dijadikan tempat menginap peserta PEDA sangat baik, dan peserta dapat berbaur dengan warga setempat dengan baik.

Kontingen KTNA Kabupaten Lebak keluar sebagai juara umum pada PEDA KTNA IV Provinsi Banten Tahun 2019 setelah meraih poin seperti pada kekompakan peserta, keaktifan selama acara, juara 1 lomba stand pameran, juara 1 tarik tambang, juara 1 gelar teknologi, juara 2 ikat kepiting, dan juara 2 kupas kelapa.

Kepala Bidang Penyuluhan Pasca Panen Dan Pemasaran Denny Iskandar, STP, M.Si mengatakan, telah terjadi beberapa kesepakatan usaha yang dilakukan antar KTNA seperti kesepakatan usaha sandal pinang antara Kelompok Tani KTNA Lebak ketua Syarif Ibrahim dengan KTNA Kota Tangerang ketua Suprijanto. “kesepakatan yang terjalin berupa Kerjasama yaitu Pengembangan Teknologi Tepat Guna dan Saintifikasi serta Riset Sendal Pinang Bagi Kesehatan Manusia, terutama menangani gejala asma dan rematik”ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, SST, ketika menerima tropi Juara Umum diruang kerjanya berharap setelah PEDA para KTNA dapat berperan lebih optimal, khususnya dalam mendukung visi Bupati Lebak untuk menjadikan Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional dengan membuka stand stand produk unggulan Lebak di daerah wisata.“saya harap KTNA bisa hadir di daerah-daerah wisata dengan produk-produk lokal yg menarik bagi wisatawan” pungkas Dede Supriatna. (DEI)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KABUPATEN LEBAK MERAIH JUARA UMUM PEKAN DAERAH KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (PEDA KTNA) KE 6 PROVINSI BANTEN TAHUN 2019"