RAPAT KOORDINASI BIDANG PERTANIAN TAHUN 2019

No comment 102 views

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pertanian Tahun 2019 pada Kamis (25/7/2019) bertempat di Hotel Kharisma Jujuluk Rangkasbitung. Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, SST, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Rahmat Yuniar, SP, M.Si, Kasdim Kodim 0603/Lebak, PJ Upsus Pajale Kabupaten Lebak, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. Sobirin, Kepala Bidang Produksi Pertanian, Iman Nurzaman Fasa, SP, MA, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian, H. Nana Mulyana, STP, MA, Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Lebak, para camat se kabupaten Lebak, para Danramil Kodim 0603/Lebak, para Kepala UPT Pertanian se Kabupaten Lebak, para Koordinator PPL se Kabupaten Lebak, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, SST, menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pendataan, selama bulan Juli 2019 tercatat seluas 2.247 hektar lahan mengalami kekeringan, dengan kategori 1.538 hektar kategori ringan, 434 hektar kategori sedang dan 282 hektar keategori berat. Angka ini berpotensi meningkat jika tidak diantisipasi dengan baik. Oleh karena itu kepala dinas memerintahkan seluruh petugas untuk melaksanakan berbagai aksi untuk mengatasinya, diantaranya di Kecamatan Cibadak dilaksanakan pemasangan pipa, di Kecamatan Kalanganyar melaksanakan pemasangan selang air dan beberapa lokasi lainnya. Dede Supriatna juga menyampaikan telah berupaya meminta bantuan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi banten khususnya pompa air dan selang air. Kepala dinas meminta juga kepada Kodim 0603/Lebak agar dapat membantu aksi – aksi penanggulangan kekeringan, sambil terus mendorong petani di lokasi – lokasi yang masih tersedia dan terjamin sumber airnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Lebak, Ir. H. Virgojati, SP, MSi, dalam paparannya menyampaikan bahwa Visi Bupati dan wakil bupati Lebak terpilih 2019 – 2023 adalah “Lebak Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal“. Meski demikian, ketahanan pangan dan pertanian tetap mendapat perhatian utama, yang dituangkan dalam misi 2 “Meningkatkan Produktifitas perekonomiandaerah melalui pengembangan pariwisata”. Dan arah kebijakan tematik kabupaten lebak tahun 2019 – 2023 di bidang ketahanan pangan adalah Ketersediaan padi dan pangan lainnya, Kelancaran distibusi pangan dan akses pagan masyarakat, dan Peningkatan mutu kualitas konsumsi pangan dan gizi  masyarakat. Kepala Bappeda Kabupaten Lebak juga menyebutkan bahwa, persentase pemanfaatan ruang di Kabupaten Lebak oleh sector pertanian mencapai 50,51% atau lebih dari setengah luas kabupaten lebak secara keseluruhan.oleh karena itu, Kepala Bappeda mengajak semua pihak khususnya para petugas pertanian untuk selalu meningkatkan kinerja dan menjalin koordinasi dan koordinasi yang baik dengan pihak – pihak lain khususnya Camat, kepala desa dan lain sebagainya agar arah kebijakan pembangunan pertanian di Kabupaten Lebak dapat dijalankan dengan baik.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, yang diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Ir. Sobirin, menyampaikan bahwa arah kebijakan pembangunan pertanian di provinsi banten diarahkan pada pengembangan kawasan berbasis korporasi petani, khususnya Penguatan pada aspek pemberdayaan petani dalam suatu kelembagaan ekonomi petani berbadan hukum (korporasi petani)

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Lebak, H. Dade menyatakan, Dinas PUPR selalu berupaya mendukung peningkatan ketahanan pangan dan produksi pangan khususnya padi sawah melalui penyediaan air irigasi. Upaya – upaya rehabilitasi dan renovasi sarana – sarana irigasi terus dilakukan sesuai dengan anggaran yang tersedia, dan terus menumbuhkan partisipasi masyarakat melalui Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) mauapun Gabungan Petani Pemakai Air (GP3A).

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga Kasdim 0603/Lebak menyatakan siap mendukung dan mensukseskan target – target Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak khususnya dan Pemerintah Kabupaten Lebak pada umumnya, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kementerian Pertanian Republik Indonesia telah menjalin kerjasama dengan TNI angkatan Darat dalam Upaya Khusus Padi Jagung dan kedelai atau PAJALE. Kasdim 0603/Lebak juga menyampaikan akan memerintahkan seluruh jajaran khususnya Danramil dan Babinsa untuk turun memantau kekeringan di Kabupaten Lebak, dan mengidentifikasi upaya penanganannya. (DEI)

author
No Response

Leave a reply "RAPAT KOORDINASI BIDANG PERTANIAN TAHUN 2019"