DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN LEBAK TURUT BERPARTISIPASI PADA KEGIATAN TMMD KE-101

Pjs Bupati Lebak meninjau stand pameran TMMD ke-101

 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujudOperasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Kegiatan TMMD ke-101 tahun 2018 di Kabupaten Lebak dilaksanakan di Kecamatan Gunungkencana. Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lebak H. Ino S Rawita didampingi jajaran dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak, memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0603 Lebak Tahun Anggaran 2018 di Kecamatan Gunung Kencana, Rabu (4/4/2018).

Program TMMD memiliki dua sasaran, yaitu sasaran fisik dan sasaran non fisik. Sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana serta fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sedangkan sasaran non fisik yang dilaksanakan berupa penyuluhan tentang kesehatan, Kamtibmas, hukum, pertanian, bahaya narkoba, bela negara dan wawasan kebangsaan.

Seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat dalam membangun wilayahnya sendiri menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak turut berpartisipasi aktif pada kegiatan TMMD ke-101 di Kecamatan Gunungkencana. Bentuk partisipasi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak diantaranya adalah turut membantu m

emberikan bantuan bibit tanaman perkebunan dan hortikultura sebanyak 500 bibit, memberikan pendampingan penyuluhan kepada masyarakat dan membuka Stan Pameran Produk Pertanian  dan Perkebunan Selama berlangsungnya kegiatan TMMD ke-101 tersebut.

Antusias masyarakat sangat besar terhadap stand pameran yang digelar Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Lebak. Pada kesempatan tersebut dipamerkan beberapa produk unggulan Kabupaten Lebak diantaranya Beras Ciberang, Gula Semut, aneka jenis hasil panen sayuran, hasil olahan produk local seperti keripik singkong, opak, dan lain – lain.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN LEBAK TURUT BERPARTISIPASI PADA KEGIATAN TMMD KE-101"